Sukseskan Pemilu 2024, KPU Klaten Gencar Sosialisasikan Tahapan Pemilu

KLATEN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten dalam rangka mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2024, mengadakan sosialisasi tahapan pemilu tahun 2024. Dihadiri oleh Forkopimda, Ketua Partai Politik di Kabupaten Klaten, Kepala OPD, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi se-Kabupaten Klaten, Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA/SMK se-Kabupaten Klaten, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, Rabu (14/09/2022) di Ballroom Hotel Grand Tjokro Klaten.
Sosialisasi tahapan pemilu tahun 2024 mengangkat tema “Bersama Menjaga Stabilitas dan Kondusifitas Demi Suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024” menghadirkan tiga narasumber yakni Wandyo Supriyatno (KPU Klaten), Mulyono (Polres Klaten), dan KH Syamsudin Asrofi (Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Klaten).
Bupati Klaten yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Jaka Purwanto menyampaikan apresiasi kepada KUP Klaten yang telah diadakannya sosialisasi tahapan pemilu 2024 kepada seluruh kalangan demi suksesnya pemilu serentak tahun 2024.
Ia minta kegiatan sosialiasasi tahapan pemilu 2024 dapat dijadikan ruang untuk komunikasi, koordinasi , dan terbangunnya harmonisasi dari seluruh penyelenggara pemilu demi meminimalisir berbagai permasalahan yang kemungkinan muncul.
“Saya berharap dengan seluruh penyelenggara pemilu terutama Bawaslu untuk menumbuhkan pengawasan independen berbasis masyarakat baik melalui lembaga unsur swadaya masyarakat, perguruan tinggi, dan organisasi masyarakat juga menjadi suatu yang penting karena dapat memberikan kontribusi pemikiran, informasi akurat, dan wilayah pantau yang lebih luas dan beragam.Menjadi penyeimbang penyelenggara pemilu khususnya Bawaslu dalam menyelenggarakan tugasnya,” jelas Jaka.
Ia mengajak seluruh peserta agar memahami dan mengikuti sosialisasi dari narasumber dengan sungguh-sungguh. “Dengan pemahaman (peserta sosialisasi) nantinya mampu memaknai substansi, berdampak dengan adanya partisipasi politik yang beretika dan sesuai budaya demokrasi bangsa Indonesia. Kami mendukung upaya bersama dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas Kabupaten Klaten yang tercinta ini dan suksesnya pemilu serentak tahun 2024,” ungkapnya.
Ketua KPU Kabupaten Klaten, Kartika Sari Handayani menyampaikan pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. 17 bulan menuju pemilu 2024. Ia melaporkan pada bulan Agustus tahun 2022 sudah dilaksanakan tahapan pendaftaran, tercatat 24 partai politik sudah dinyatakan lengkap pemberkasan dan diterima oleh KPU RI.
Ia menjelaskan untuk di KPU Provinsi melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU menerima 23 partai politik dengan sejumlah kurang lebih 32 ribu nama sudah diverivikasi.
Ia memapaparkan selanjutnya KPU Klaten menunggu dokumen masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan parpol, yang kemudian akan beralih ke tahapan penetapan, pengundian nomor urut maupun pengumuman partai politik akan diumumkan ditanggal 14 Desember 2022.
“Kami mohon doanya dan masyarakat ikut mensukseskan pemilu 2024, semoga pemilihan umum serentak tahun 2024 khususnya di Kabupaten Klaten dapat berjalan dengan demokratis,aman,lancar, sukses tanpa eses. peserta sosialisasi dapat berperan dalam mensosialisasikan terkait informasi tentang tahapan program dan jadwal pemilu. Karena sosialisasi dilakukan bukan hanya penyelenggara pemilu, tetapi peserta pemilu dan masyarakat umum,” pungkas Kartika.

Baca Juga:  MKKS SMP Klaten Gelar Seminar Merdeka Mengajar

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 327 kali

Comments are closed.