Sungai Slegrengan Klaten Jebol, Ratusan Rumah Warga Tergenang Air

KLATEN- Akibat hujan lebat intensitas tinggi pekan kemarin mengakibatkan jalan penghubung Gunung Kidul – Klaten, khususnya yang melintasi desa Pesu, Wedi mengalami rusak parah. Selain merusak struktur jalan, hujan lebat hampir tiga hari itu juga menyebabkan tanggul Sungai Sleglengan yang terletak di Dukuh Mawen, Pesu, Wedi, Klaten itu jebol sehingga menggenangi ratusan rumah warga. Ketinggian genangan air mencapai 30 cm dan membawa kotoran lumpur.

Bupati Klaten Sri Mulyani didamping jajaran pejabat Pemkab Klaten meninjau banjir di Dukuh Mawen, Desa Pesu, Kecamatan Wedi Minggu pagi, (7 /2/ 2021) untuk memastikan tidak ada jatuh korban jiwa, memberikan bantuan dan semangat warga yang bergotong royong.

Kepada wartawan, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, banjir yang terjadi di Pesu, Kecamatan Wedi sampai Minggu, (7/2/2021) memasuki hari ke empat, diakibatkan tanggul Sungai Slegrengan jebol terjadi pada Kamis,( 4/02/2021).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para relawan baik dari Kokam Muhammadiyah, Banser NU, MTA, LDII dan relawan lain baik dari Klaten maupun relawan dari luar Kabupaten Klaten yang telah membantu penanganan banjir di Desa Pesu. Semoga amal baik para relawan mendapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT dan agar korban banjir tetap semangat dan diberikan kesabaran.

Karena masih dalam pandemi covid-19, jangan lupa agar para relawan dan warga korban banjir tetap melakukan protokol kesehatan” ungkap Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani juga menyerahkan bantuan di Balai Desa Pesu untuk korban banjir dan akomadasi dapur umum untuk para relawan yang membantu penanganan banjir di Desa Pesu.
Setelah itu Bupati Klaten bersama rombongan meninjau pelaksanaan PPKM dan dua hari Jateng di rumah saja di Pasar Wedi Klaten serta mninjau banjir di Desa Brangkal, Wedi. Namun, banjir di Desa Brangkal Wedi sudah surut dan Jalan Raya Jiwo-Klaten yang sempat terendam banjir sudah normal kembali.

“Setelah kunjungan ini saya akan memantau Pasar Wedi untuk memastikan protokol kesehatan dan kondisi lapangan terkait PPKM. Semoga kondisi nya baik” kata Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat dan Forkompinda Klaten.

 

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 70 kali

Comments are closed.