Swalayan SGM Klaten Utara, Hadir Membangun Ekonomi Dari dan Untuk Umat

KLATEN – Kehadiran swalayan Surya Gading Mu atau lebih populer dengan swalayan SGM sebagai toko penyedia kebutuhan masyarakat berbasis kekuatan umat makin mendapat hati di mata konsumen. Terletak di Desa Belang Wetan, Klaten Utara, Klaten, swalayan yang sudah berdiri sejak 2018 kini menjelma menjadi salah satu toko bermenejemen modern yang terus dipercaya umat.

Swalayan SGM hadir dengan menghimpun modal dari umat. Swalayan yang didirikan Pengurus Ranting Muhammadiyah Belang Wetan Klaten Utara itu sejarah mengumpulkan modal patungan dari umat sebagai saham. Sebanyak 200 warga bergabung sebagai pemilik modal bekerja sama dengan yayasan. Sejak berdiri 2018 silam swalayan SGM membukukan keuntungan yang terus menggembirakan.

‘”Tiap bulan transaksi yang tercatat mencapai 250 juta. Transaksi itu diperoleh selain dari pembelian wajib dari pemegang saham, juga disokong dari masyarakat sekitar. Kami masih yakin ke depan SGM bisa ekspansi atau pengembangan” kata Anshori selaku Meneger Operasional Swalayan SGM saat berbincang dengan Tim Pemberitaan Dinas Kominfo (Selasa, 27/04/21) di tokonya.

Baca Juga:  Masuk Klaten, Pemudik Harus Putar Balik

Terkait sistim permodalannya, Anshori menjelaskan bahwa awalnya SGM dibangun dengan modal 500 juta dimana 65% dari kepengurusan Ranting Muhammadiyah Belang Wetan dan sisanya 35% dari umat.
“Tahun 2020 kami bisa membagi sisa hasil usaha atau SHU sebesar 120 juta bagi 200 pemegang saham. Selanjutnya pemegang saham masih menerima insentif pembelian. Jadi mereka yang belanja di SGM, bagi pemegang saham dapat pengembalian insentif dari total pembelanjaannya selama setahun. Selain itu kami juga bermitra dengan pelaku UMKM makanan warga sekitar. Mereka bisa menitipkan produk disini. Kami juga bermitra dengan pemerintah kabupaten dalam penyaluran bantuan sosial sebagai E-warung” ungkapnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 41 kali

Comments are closed.