Tangis Haru Bupati Klaten Lepas Jamaah Haji Berangkat Ke Baitullah

KLATEN – Suasana haru menghiasi kompleks GOR Gelarsena Klaten, Sabtu (11/6/2022) pagi. Sejak selepas subuh hari, calon jamaah haji Kabupaten Klaten telah berkumpul di gedung olahraga milik Pemkab Klaten itu.

Pun para keluarga dan handai tolan turut menyertai para jamaah yang hendak diberangkatkan ke Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali. Tangis haru dan doa mengiringi para calon tamu Allah agar sepulangnya dari Tanah Suci menjadi haji mabrur dan mabruroh.

Bupati Klaten, Sri Mulyani yang hadir melepas langsung jamaah haji Klaten yang tergabung di kloter 13 turut terharu saat iring-iringan bus jamaah mulai meninggalkan kompleks GOR Gelarsena. Beberapa kali orang nomor 1 di Klaten ini menyeka air mata yang menetes karena rasa haru.

“Pagi ini penuh dengan keharuan, karena akhirnya jamaah haji Indonesia, khususnya Kabupaten Klaten, bisa berangkat ke Tanah Suci. Ini merupakan momen yang sangat ditunggu,” ungkapnya usai melepas keberangkatan jamaah haji.

Keberangkatan jamaah haji Indonesia sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19 dan pihak Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan larangan kunjungan haji bagi jamaah dari luar Arab Saudi. Kondisi ini menyebabkan masyarakat Indonesia yang mendaftar di 2011 dan diberangkatkan di tahun 2020, harus menunggu lagi waktu keberangkatan yang mundur.

Baca Juga:  Pola Hidup Sehat Harus Jadi Gaya Hidup

“Keberangkatan jamaah haji dari Klaten ini harus kita syukuri, karena sudah menunggu sekian lama, sejak 2011 dan ditambah pandemi ditunda selama dua tahun, akhirnya tahun ini bisa diberangkatkan. Karena itu maksimalkan ibadah saat berada di Tanah Suci hingga pulang menjadi haji mabrur,” kata Sri Mulyani.

Sebanyak 493 calhaj Klaten akan diberangkatkan secara bertahap dalam tiga kloter. Yaitu kloter 12 sebanyak 11 jamaah bersamaan dengan jamaah asal Magelang dan Kendal akan diberangkatkan ke embarkasi haji Donohudan pada Jumat (10/6/2022) sore, kloter 13 sebanyak 330 jamaah akan diberangkatkan pada Sabtu (11/6/2022) pagi, dan kloter 14 sebanyak 152 jamaah bersama dengan jamaah asal Sragen akan diberangkatkan pada Minggu (12/6/2022) pagi. (ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 90 kali

Comments are closed.