Tarawih di Klaten diizinkan, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Klaten – Tahun ini, penyelenggaraan salat tarawih dan ibadah Ramadan secara berjamaah di masjid dan musala di wilayah Kabupaten Klaten kembali diizinkan. Namun dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Anif Solikhin mengatakan sesuai edaran Menteri Agama, pelaksaan ibadah di bulan Ramadan diizinkan digelar secara berjamaah dengan protokol kesehatan Covid 19.

“Artinya tetap memakai masker dan membawa alas mandiri dan perlengkapan ibadah serta menjaga jarak antar satu jamaah dengan jamaah lainnya selama di dalam masjid atau musala,” ungkapnya, Senin (12/4/2021).

Meski ada kelonggaran dibandingkan tahun lalu, namun terdapat sejumlah pembatasan. Di antara pembatasan tersebut antara lain durasi ceramah maksimal 15 menit. Selain itu, pihaknya merekomendasikan kepada imam masjid dan musala untuk memperpendek bacaan dan rakaat salat tarawih.

“Untuk i’tikaf di masjid tetap ditiadakan, jadi setelah pelaksanaan salat tarawih, jamaah langsung pulang dan bisa melanjutkan ibadah Ramadan di rumah masing-masing,” paparnya.

Baca Juga:  Masuk Klaten, Pemudik Harus Putar Balik

Zona Merah Tarawih di Rumah

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan Pemkab memberikan kelonggaran pelaksanaan ibadah Ramadan di wilayah RT yang masuk zona hijau saja. Sedangkan untuk wilayah RT yang berada di zona merah, pelaksanaan ibadah Ramadan dilaksanakan secara pribadi di rumah masing-masing.

“Pelaksanaan salat tarawih sesuai dengan protokol kesehatan, intinya pedomani PPKM mikro yang berlaku. Kalau daerah merah, tidak boleh dilaksanakan secara terbuka, di rumah saja,” katanya.

Sedangkan untuk masjid dan musala yang digunakan untuk pelaksanaan ibadah Ramadan dibatasi 50 persen dari kapasitas ruang yang ada. Hal ini berkaitan dengan adanya penerapan jaga jarak antar jamaah yang mengikuti salat tarawih dan ibadah Ramadan lainnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 122 kali

Comments are closed.