Tarling di Masjid Agung Al Aqsha, Bupati Klaten : Kembali Makmurkan Masjid

KLATEN – Pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 berdampak pada terbatasnya aktivitas ibadah yang bersifat publik. Di antaranya penyelenggaraan salat terawih di bulan Ramadan yang tidak dapat diselenggarakan secara terbuka seperti sebelum pandemi.

Namun tahun ini, penyelenggaraan aktivitas ibadah di bulan Ramadan kembali dibuka secara publik seiring adanya pelonggaran pasca turunnya kasus Covid-19. Dengan adanya kelonggaran tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengajak seluruh umat Islam, khususnya di Klaten untuk kembali memakmurkan masjid. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan terawih keliling bersama Bupati dan Forkompimda Klaten di Masjid Agung Al Aqsha, Senin (18/4/2022).

“Akibat pandemi, selama dua tahun, ibadah berjamaah sulit digelar. Namun di tahun ini dimulai lagi, termasuk kegiatan salat terawih keliling. Melalui kegiatan ini, saya mengajak seluruh umat Islam untuk kembali memakmurkan masjid,” paparnya.

Dalam kegiatan terawih di Masjid Agung Al Aqsha tersebut sekaligus digelar peringatan Nuzulul Qur’an yang diikuti jamaah salat isya dan terawih yang hadir. Menurutnya peristiwa Nuzulul Qur’an atau turunnya Al Quran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, selayaknya dipedomani umat Islam sebagai semangat untuk mengagungkan syiar Islam.

Baca Juga:  Car Free Day Klaten Kembali Digelar, Lokasi Pindah di Jalan Mayor Kusmanto

“Saya berharap, momentum ini juga meningkatkan semangat umat Islam dalam beribadah, khususnya di bulan Ramadan,” ungkapnya.

Selain peringatan Nuzulul Qur’an, di Masjid Agung Al Aqsha juga digelar kegiatan keagamaan lain seperti tadarus Al Quran, sahur bersama, dan i’tikaf selama bulan Ramadan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan 100 paket sembako melalui program CSR Bank Klaten kepada tenaga harian dan petugas kebersihan di Masjid Agung Al Aqsha.

(ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 66 kali

Comments are closed.