Tempat Wisata Klaten

wisata klaten

UMBUL PONGGOK KLATEN

umbul-ponggok-klatenUmbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Anda tak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus-menerus. Selain sebagai tempat snorkling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Ponggok, Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 5747
  • Jam buka loket : 06:00 – 16:00
  • Tiket Masuk : Rp. 15.000/orang
  • Tiket Paket : Rp. 30.000/orang ( tiket masuk, snorkel, pelampung )
  • Fasilitas dari tiket masuk: (asuransi @umbul ponggok, snack spesial Ponggok, donasi 2 % ke Lasizawa-Lembaga amal Desa Ponggok

Website

CANDI PRAMBANAN

candi-prambananCandi Prambanan Merupakan Obyek wisata yang sudah mendunia termasuk destinasi yang wajib dikunjungi bila ingin berlibur ke Klaten, bahkan wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik dengan bangunan bersejarah ini. Keistimewaan Candi Prambanan lainnya yang wajib disaksikan oleh wisatawan adalah keindahan relief-reliefnya yang menempel di dinding candi. Kisah Ramayana menjadi relief utama candi ini. Namun, relief lain yang tak kalah menarik adalah pohon kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini menggambarkan betapa masyarakat Jawa abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya. Tidak salah bila menjadikan Candi Prambanan sebagai destinasi utama karena memang ini merupakan candi paling megah yang ada di Asia Tenggara, bahkan UNESCO pun sudah memasukkannya ke dalam situs Warisan Dunia. Supaya lebih lengkap, liburan ke Klaten harus datang ke Candi Prambanan yang berarsitektur tingkat tinggi ini.

Salah satu event wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah pementasan Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana adalah seni pertunjukan yang menyatukan ragam kesenian Jawa seperti tari, drama, dan musik dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana, epos legendaris karya Walmiki yang ditulis dalam bahasa Sanskerta. Kisah Ramayana yang dibawakan dalam pertunjukan ini merupakan penerjemahan dari relief yang terpahat di Candi Prambanan. Cerita Ramayana yang terpahat di candi ini mirip dengan cerita yang berkembang dalam tradisi lisan di India. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan dirangkum dalam empat lakon atau babak, yaitu: penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama—Sinta. Pementasan ini sudah berjalan sejak tahun 1960-an dan dilaksanakan setiap bulan pada malam purnama.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

  • Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam buka loket : 06:00 – 17:00
  • Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang) : Rp. 30.000,-
  • Anak-anak (Umur Dibawah 6 Tahun) & Rombongan Pelajar/Mahasiswa : Rp. 12.500,-
OBYEK MATA AIR COKRO (OMAC)

omacWisata air yang juga akan membuat para wisatawan puas bermain adalah Cokro Tulung atau banyak yang mengenalnya dengan nama Obyek Wisata Mata Air Cakra yang disingkat OMAC. Dengan luas sekitar 10 hektar, Cokro Tulung ini bisa ditemukan ketika pengunjung mencoba untuk datang ke Kecamatan Tulung yang ada di Klaten, tepatnya ada di desa yang bernama Cokro. Yang membuat tempat ini begitu spesial adalah airnya yang tidak hanya segar namun juga masih bening karena berasal dari mata air Cakra secara langsung.

Bukan hanya airnya yang menjadi keunggulan dari tempat wisata air yang terkenal di Klaten ini, melainkan ada permainan-permainan seru yang juga bisa ditemukan dan dinikmati bersama keluarga, terutama anak-anak. Wahana atau atraksi yang ditawarkan di tempat ini antara lain adalah flying fox, jembatan goyang, kolam slider, kolam arus, serta waterboom. Para pengunjung yang mencari sebuah tempat liburan seru namun tetap sejuk dan membuat rileks, Cokro Tulung adalah destinasi yang tepat karena selain air jernihnya, pepohonan besar yang rimbun akan menambah kenyamanan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

  • Ponggok, Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 5747
  • Jam buka loket : 07:00 – 17:00
  • Hari Libur : Rp. 11.500,-
  • Hari Biasa : Rp. 7.500,-
MAKAM SUNAN PANDANARAN

makam-pandan-aranSunan Pandanaran (Sunan Tembayat) adalah salah satu tokoh penyebar agama islam di Jawa, khususnya di Klaten dan sekitarnya. Beliau hidup se-jaman dengan Wali Songo, namun memang tidak termasuk salah satu dari 9 wali (Wali Songo) tersebut. Makamnya terletak di perbukitan Jabalkat desa Paseban yang termasuk wilayah kecamatan Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hingga saat ini kompleks pemakaman tersebut banyak diziarahi masyarakat dari seluruh penjuru tanah air.

Kompleks makam Sunan Pandanaran di Bayat terletak di perbukitan Jabalkat (sekitar 860 mdpl). Untuk mencapai lokasi makam kita harus mendaki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan dari lokasi tempat parkir kendaraan. Namun jika anda tak ingin ber-capek-ria jalan kaki mendaki tangga, ada jasa ojek yang akan siap mengantar sampai ke atas dengan melewati jalan melingkar di sisi timur bukit jabalkat, melewati jalan di tengah perkampungan penduduk.

Di atas bukit Jabalkat terdapat kompleks pemakaman, dan sebuah masjid tua yang sampai sekarang masih berfungsi dan digunakan untuk beribadah sholat para peziarah. Kompleks makam Sunan Tembayat terdiri dari 6 halaman yang dipisahkan dengan tembok keliling dan dihubungkan dengan pintu masuk khusus. Tempat makam Sunan Pandanaran terletak di sebuah cungkup atau bangunan tertutup yang cukup besar, terletak pada halaman terakhir yang merupakan lokasi paling tinggi.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

  • Jl. Sunan Pandanaran, Paseban, Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462
  • Tiket Masuk : Rp. 2.000/orang
AGROWISATA GONDANG WINANGOEN

gondang-winangunAgrowisata Gondang Winangoen ini menawarkan berbagai wahana dan obyek wisata menarik dengan nuansa historis yang dipadukan oleh unsur rekreasi dan edukasi. Wisata yang ditawarkan meliputi water park, water slide, flying fox, spyder web, kids zone, jembatan gantung, adventure area, agro therapy, marine brige, wall climbing. Tiket masuk ke agrowisata ini cukup murah karena hanya Rp. 3.000,00. Tetapi, jika ingin memasuki berbagai wahana rekreasi ditariki tarif masuk yang berbeda-beda seperti water park Rp. 5.000,00, water slide Rp. 5.000,00, kids zone Rp. 3.000,00, agro therapy Rp. 3.000,00, dan sebagainya.

Dalam area wisata agro therapy disini disediakan beberapa kolam untuk melakukan terapi dengan ikan-ikan yang telah disediakan. Dalam terapi pun tidak dibatasi oleh waktu, sehingga jika menginginkan bisa terapi seharian dalam area tersebut. Selain dengan terapi ikan juga terdapat berbagai macam jenis tumbuhan untuk kesehatan. Sehingga area itu bisa juga disebut dengan area kesehatan. Selain itu jika para wisata yang ingin mengelilingi area pabrik bisa dengan menggunakan loko uap dengan tarif yang ditawarkan Rp. 8.000,00 sedangkan loko diesel Rp. 5.000,00. Tetapi, pada saat saya berkunjung ke agrowisata tersebut loko tersebut sedang tidak beroperasi dikarenakan tidak bersamaan dengan hari libur. Para pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk para pengunjung, seperti: home stay yang awalnya digunakan menjadi rumah dinas. Namun, pada saat ini disewakan untuk masyarakat luas yang digunakan rapat ataupun pernikahan sampai acara penting. Dengan bangunan arsitektur zaman kolonial maka orang lebih suka menyewa tempat ini untuk mengadakan berbagai acara. Seperti halnya dengan auditorium yang daya tampungnya besar juga digunakan untuk acara-acara penting.

Agrowisata Gondang Winangoen ini juga bisa untuk kegiatan outbound bagi para wisatawan. Biasanya juga digunakan untuk foto pembuatan album kenangan dan juga foto prawedding. Apabila berkunjung kesini tidaklah menyesal dengan suasana sejuk oleh pepohonan dan rumput hijau yang menghiasi tempat wisata ini. Sehingga sangat cocok untuk berlibur dengan keluarga atau teman.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Jalan Solo-Jogja, Plawikan, Jogonalan, Plawikan, Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57452
  • Jam buka loket : 07:00 – 15:00
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang
DELES INDAH

deles-indahMenikmati keindahan alam memang tiada habisnya. Selalu ada hal-hal baru yang menggoda kita untuk menikmatinya. Seperti halnya wisata alam Deles Indah di klaten Jawa Tengah, pesona keindahannya seakan tidak pernah habis. Keindahan di waktu pagi dan juga keindahan di waktu sore hari. Sesuai dengan namanya, Deles Indah. Wisata Alam Deles Indah memang belum banyak yang mengetahuinya, padahal panorama alamnya sangat menarik. Secara geografis, Deles Indah berada di sebelah timur kaki gunung merapi, tepatnya 25 km dari jantung kota Klaten. Bagi anda yang berada di Jawa Tengah, rasanya memang kurang afdhol apabila tidak mengunjungi Deles Indah ini.

Deles Indah berada di desa Sidorejo, Kemalang, Klaten dengan ketinggian kurang lebih 800-1300 m di bawah permukaan laut. Dengan ketinggiannya tersebut, sudah pasti Deles Indah mempunyai pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dari Deles Indah ini, anda juga bisa melihat ketinggian dan keindahan puncak merapi yang masih mengelurkan asap belerang. Akan sangat jelas apabila anda datang pada saat pagi hari. Sebab, pada saat itu, kabut tebal belum menyelimuti keindahan gunung merapi tersebut. Menoleh ke arah timur, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan menawan kota Klaten dan sekitarnya yang terlihat jelas di Deles Indah ini. Disertai dengan pohon pinus dan sedikit kebun tembakau, secara langsung juga membuat pemandangan menjadi lebih menarik. Selain itu, anda juga dapat melihat cerobong pabrik gula Gondang Baru dan perusahaan pabrik gula Ceper Baru.asap yang keluar dari cerobong nampak sangat jelas sekali. Menoleh sedikit ke utara, anda dapat melihat pemandangan Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Sidorejo, Kemalang, Jawa Tengah
  • Jam buka loket : 06:00 – 18:00
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang
KALI WORO PURBA

Kali Woro Purba merupakan aliran sungai yang berhulu di gunung Merapi dan hilirnya di Sungai Bengawan Solo melalui Kali Dengkeng. Aliran Kali Woro Purba melintasi wilayah Dukuh Kagokan, Dukuh Sarimulyo, dan Dukuh Gunung Ampo di Desa Kemudo. Pemerintah Desa (Pemdes) Kemudo, Kecamatan Prambanan, tengah berbenah menggali potensi wisata sungai. Melalui Kali Woro Purba, Pemdes setempat bakal menjadikannya wisata alam edukatif. Nantinya akan menjadi lokasi outbond, bumi perkemahan, sekolah alam, sekolah PAUD, maupun sekolah sungai.

Kali Woro Purba juga merupakan sekolah sungai yang bekerjasama antara BNPB, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), UGM, dan komunitas pegiat sungai yang ada di Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi :

  • Kali Woro Purba, Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten
GALUH TIRTO NIRMOLO

Kolam renang Galuh Tirto Nirmolo bisa dinikmati di Hotel Galuh Prambanan. Tempat wisata ini telah mengalami kemajuan yang baik dan pengelola pun sudah mengembangkannya sehingga masyarakat luas dapat menikmati fasilitas kolam renang sebagai wisata keluarga yang asyik. Ada wahana air yang begitu beragam sehingga orang dewasa serta anak-anak dapat memilih sesuai yang diinginkan. Jangan heran bila menemukan banyak pengunjung yang datang ke kolam renang ini sebab tempat ini memang terkenal sebagai mini waterboom.

Fasilitas-fasilitas menarik yang dapat ditemukan di Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo antara lain adalah kolam kuda laut, kolam renang Songsong gora, kolam renang dewasa, kolam taman air, kolam air mancur, kolam arus, kolam renang laba-laba, kolam mandi bola, kolam seluncur anak, kolam renang dewasa, kolam anak-anak, serta kolam renang seluncur yang didesain dengan ukuran yang bervariasi. Sementara itu, perahu, arena jumping, flying fox, bioskop 3 dimensi, becak mini, gokart, sangkar putar, jungle train, pesawat putar, boom boom boat, boom boom car, motor ATV, motor trex besar dan kecil, mobil elektrik, kereta mini elektrik, animal elektrik, kereta wisata, komedi putar, serta bianglala adalah fasilitas permainan yang bisa dicoba selama berada di sini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454
  • Jam buka loket : 08:00 – 18:00
  • Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang
RIVERBOARDING DI KALI PUSUR

riverboarding-di-kali-pusurWisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisatawan bisa melakukan river boarding di Sungai Pusur. River Boarding ini melintasi tiga desa di kecamatan Tulung dan juga Kecamatan Polanharjo. Jalur sepanjang 10 kilometer yang bisa ditempuh selama tiga jam. Arus sungai sepanjang jalur river boarding ini bervariasi dari yang mengalir deras, jeram atau juga ada yang mengalir pelan. Arus akan bertambah deras jika debit air meningkat saat musim hujan. anda bakal merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, jeram dan pelan. Tapi jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten
  • Jam buka loket : 08:00 – 15:00
  • Tiket Masuk : Rp. 150.000/orang
CANDI PLAOSAN

candi-plaosanCandi Plaosan, Candi ini juga dikenal dengan sebutan Candi Kembar. Candi ini merupakan salah satu candi Budha yang ada di Indonesia, terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak kira-kira 1 kilometer dari arah timur laut dari Candi Sewu dan Candi Plaosan.

Meskipun Candi Plaosan ini adsalah Candi Budha, tetapi Candi ini bergaya arsitektur perpaduan antara agama Hindu dan Budha. Candi ini di perkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu. Candi yang baru-baru ini ramai dikunjungi Wisatawan domestik maupun mancanegara ini memiliki daya tarik keindahanya. Selain di dalam Candi yang mana bisa melihat indah relief-reliefnya, dari luar Candi inipun keindahan bentuk Candi yang menjulang ke atas tak jarang dijadikan foto dengan Sunrise pada pagi hari dan Sunset pada sore hari.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen Sunset pada sore hari dengan hamparan sawah warga yang ada juga di sekitar Candi Plaosan ini. Ada juga yang sekedar berkumpul di depan pintu masuk candi bersama teman-teman karena cukup luas juga. Tak jarang Candi Plaosan ini juga dijadikan tempat untuk Prewedding.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Prambanan, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
  • Jam buka loket : 09:00 – 17:00
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang
AIR TERJUN LUWENG SAMPANG

luweng-sampangLuweng Sampang adalah sebuah air terjun yang memiliki karakteristik batuan yang sekilas mirip dengan Grand Canyon dari AS. Batuannya terkena erosi air dan memiliki lapisan batuan yang bergaris-garis. Meski bentuknya mirip dengan Grand Canyon namun tidak serta merta bisa dibandingkan satu sama lain, karena Grand Canyon di AS ukurannya jauh lebih besar daripada Luweng Sampang. Tinggi air terjun cantik ini ternyata terhitung cukup pendek, hanya sekitar 5 meter saja.

Namun karena karakteristiknya yang unik, membuat traveler selalu mendatangi air terjun Luweng Sampang untuk bermain air, tak lupa pula berfoto narsis, serta mengabadikan kecantikan air terjun ini dalam akun sosial media mereka. Untuk waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang disarankan saat musim penghujan karena debit air terjun yang jatuh akan makin deras dan semakin menambah kecantikannya. Namun jangan lupa menjaga keselamatan, karena saat hujan otomatis bebatuan akan jadi licin dan bisa membuat traveler terpeleset. Yuk main air ke Luweng Sampang!

Lokasi dan Harga Tiket Masuk dan Fasilitas :

  • Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam buka loket : 09:00 – 17:00
  • Tiket Masuk : Rp. 2.000/orang

Comments are closed.