Terbanyak di Solo Raya, 1.197 Calhaj Klaten Siap Diberangkatkan

KLATEN- Kabupaten Klaten menjadi daerah di Solo Raya yang terbanyak akan mengirimkan jamaah calon haji (Calhaj) untuk diberangkatkan ke tanah suci pada tahun 2023 Masehi atau 1444 Hijriah.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Klaten, Sri Mulyani saat membuka acara manasik haji tingkat Kabupaten Klaten, Selasa (09/05/2023) di Gedung Al Mabrur Klaten. Dihadiri Kepala Kemenag Klaten, Kepala OPD, Kepala MUI Klaten, Pengurus Jamaah Haji Klaten, Ketua FKUB, Ketua Baznas, Kepala KUA Se Kabupaten Klaten, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan jamaah calon haji (Calhaj) 1444 H.

“Ada 1.197 calon jamaah haji Kabupaten Klaten yang akan berangkat ke tanah suci dan ini kuota terbanyak se solo raya. Ini membuktikan bahwa Klaten bukan daerah yang miskin, tetapi menunjukkan Klaten ibadahnya baik, dan sedekahnya baik. Kabupaten Klaten juga merupakan Kabupaten dengan kuota haji terbanyak nomor tiga se Jawa Tengah,” jelas Sri Mulyani dalam sambutannya di acara manasik haji tingkat Kabupaten Klaten.

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Klaten juga akan memberangkatkan sepuluh orang petugas haji diantaranya Tim Pemandu Haji, Pembimbing Ibadah Haji, dan Tim Kesehatan. Dirinya meminta agar calon jamaah tidak malu bertanya kepada pendamping saat melaksanakan manasik haji. Sri Mulyani juga memapaparkan bahwa ditahun 2023 ini, calhaj lansia sebanyak 40%.

Baca Juga:  Showanji Kembali Digelar, Diharapkan Bawa Kerukunan Umat

“Adanya kegiatan manasik ini bertujuan agar para calon haji benar-benar mengetahui dan memahami ibadah haji yang sesungguhnya baik yang wajib ataupun sunnah sehingga nanti bisa dilaksanakan dengan baik. Jika sesorang melaksanakan ibadah haji dengan menghayati maka pulang ke tanah air mendapatkan predikat haji yang mabrur. Saya berharap calon jamaah haji dapat mengikuti manasik dengan baik dan sungguh-sungguh, terutama yang lansia. Diharapkan dengan kegiatan manasik ini para jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan maksimal. Nantinya calon jamaah haji akan diberangkatkan dari Grha Bung Karno,” tegas Sri Mulyani.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Klaten, Hariyadi menyampaikan jamaah calon haji (Calhaj) yang siap diberangkatkan terdiri dari jamaah haji reguler sejumlah 1.197 jamaah dan cadangan 103 jamaah dengan total 1.300 jamaah se-Kabupaten Klaten dari berbagai Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) antara lain Arofah, Namiroh, al Barokah, Nurul Ummah, dan Ibnu Abbas.

Ia juga menyampaikan bahwa sesuai peraturan Kementerian Agama, tahun ini tidak ada pendampingan. Ia menjelaskan bahwa jamaah calhaj meskipun sudah melaksanakan manasik dengan KBIH masing-masing tetapi tetap harus mengikuti manasik haji tingkat Kabupaten Klaten yang akan dilaksanakan tiga hari.

Baca Juga:  130 Anggota PPK Dilantik, KPU Klaten Siapkan Bimtek Pilkada

“Pelaksanakaan manasik dimulai dari hari ini tanggal 09 Mei sampai 11 Mei 2023. Nantinya dua hari akan dikhususkan untuk praktek manasik demi melatih kemandirian. Semoga calon jamaah bisa menjalankan ibadah haji dengan sempurna, bisa kembali lagi ke Klaten dengan Haji yang mabrur,” pungkasnya.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 202 kali

Comments are closed.