Tetap Semangat Meski Hanya Tiga Bulan Berstatus PPPK

KLATEN – Wajah bahagia dan lega menghiasi Yagus Prihatin, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tertua yang dilantik di Pendapa Kabupaten Klaten, Selasa (16/2/2021) di Pendopo Agung Setda Klaten. Penyuluh pertanian yang sudah mengabdi sejak 2009 ini sudah menunggu momen pelantikan tersebut.
Terlebih untuk dilantik sebagai PPPK Pemkab Klaten, ia menunggu hampir dua tahun setelah dinyatakan lolos tahapan seleksi PPPK yang digelar mulai Februari 2019 lalu.

Meskipun mundurnya pelantikan tersebut membuat masa kerjanya semakin singkat, Yagus tak patah semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai PPPK dengan formasi penyuluh pertanian di Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Klaten.

“Kita syukuri, meskipun hanya sebentar sebagai PPPK. Apalagi prosesnya tidak sebentar,” katanya saat ditemui Tim Pemberitaan Diskomindo Klaten.

Yagus mengaku meski mendekati usia pensiun, namun persiapannya dalam mengikuti seleksi PPPK dilakukan secara maksimal. Di sela kesibukannya memberiakan penyuluhan kepada kelompok tani binaannya, ia menyempatkan diri belajar materi yang diujikan dalam seleksi yang menggunakan sistem CAT.

Baca Juga:  PPKM Diperpanjang, Bupati Klaten Keluarkan Empat Instruksi Tegas

“Tidak ada persiapan khusus, yang penting belajar secara maksimal. Keluarga juga memberikan semangat,” ungkapnya.

Pria kelahiran 11 Mei 1963 ini akan menjalankan tugasnya tiga bulan ke depan sebelum memasuki masa purna tugas di usia 58 tahun. Walaupun usia sudah tidak muda lagi, namun semangatnya bisa menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya dalam menjalankan tanggung jawab dan mengabdikan ilmunya kepada masyarakat.

Lulusan DIII Pertanian salah satu perguruan tinggi di Semarang ini merasa terpanggil untuk mengabdikan keilmuannya untuk meningkatkan kualitas pertanian di Kabupaten Klaten.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Juwiring ini mengatakan dengan niat mengabdikan keilmuannya tersebut, ia tidak pernah mengeluh dengan pendapatannya sebagai tenaga harian lepas sejak 2009. Untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, Yagus yang sudah memiliki dua cucu ini sudah lama berternak ikan.

“Niatnya memang untuk mengabdikan keilmuan dan pengetahuan yang saya miliki. Soal kebutuhan keluarga, sebelum menjadi THL penyuluh pertanian, saya sudah berternak ikan lebih dulu. Yang penting kapasitas petani meningkat,” ujarnya.

Sisa tiga bulan sebagai PPPK, ia mengaku akan memaksimalkan kerjanya sebagai penyuluh pertanian di wilayah Desa Jetis dan Pundungan Kecamatan Juwiring.
Sebanyak 92 Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Klaten resmi dilantik, Selasa (16/2/21).

Baca Juga:  Direvitalisasi, Rowo Jombor Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata yang Keren

PPPK tersebut merupakan angkatan pertama yang mengikuti seleksi pada tahun 2019. PPPK yang dilantik terdiri dari 46 pegawai golongan IX atau setara dengan III/a dengan jenjang pendidikan S1/D-IV, 7 pegawai golongan VII atau setara dengan II/c dengan jenjang pendidikan D-III, dan 39 pegawai golongan V atau setara dengan II/a dengan jenjang pendidikan SLTA.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 125 kali

Comments are closed.