Tingkatkan Nilai Produk Pertanian, DPKPP Klaten Gelar Business Matching

KLATEN – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten menggelar business matching dan promosi hasil produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten, Selasa (26/10/2021). Kegiatan ini mempertemukan pelaku agribisnis di Kabupaten Klaten dan mitra usaha.

Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk jejaring usaha. Sehingga memberikan dukungan kepada pelaku usaha agribisnis yang terdiri dari sektor pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Kegiatan pertanian adalah kegiatan bisnis sehingga orientasi bukan hanya sekedar bisa memproduksi, tapi ending dari kegiatan ini adalah kegiatan pertanian bisa memberikan penghasilan yang layak bagi keluarga petani,” ungkapnya.

Ia menambahkan di masa pandemi Covid-19 sejak maret 2020, memberikan dampak pada semua sektor, tak terkecuali di sektor pertanian mengalami kontraksi. Di mana permintaan yang menurun, baik di hasil tanaman pangan, peternakan, maupun perikanan yang mengakibatkan penurunan omzet yang didapat oleh pelaku usaha agribisnis.

“Permasalahan di dalam pengembangan sektor pertanian sangat kompleks dari aspek teknis, sosial, maupun aspek ekonomi yang terkait dengan pemasaran. Ini merupakan bagian yang sangat vital dalam sistem agribisnis karena menentukan keberlanjutan usaha pertanian,” paparnya.

Baca Juga:  Tips Jitu Mendidik Anak Secara Gembira

Selain business matching, dalam kegiatan ini juga digelar pameran hasil produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten. Kegiatan ini bertujuan antara lain untuk mempromosikan hasil produksi pertanian oleh kelompok tani, gabungan kelompok tani (gapoktan), kelompok wanita tani (KWT) agar dikenal oleh masyarakat secara luas.

“Satu hal yang perlu dioptimalkan adalah cinta produk lokal, produk yang dihasilkan oleh masyarakat sendiri. Dengan demikian, nilai produk lokal akan meningkat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani meninjau stan pameran dan melihat langsung produk yang dipamerkan. Bupati memberikan apresiasi kepada pelaku usaha agribisnis asal Klaten, ia menilai produk yang dipamerkan memiliki potensi untuk mengambah pasar yang lebih luas lagi.

“Secara umum sudah sangat baik, kemasannya juga bagus. Saya hanya menekankan, semua produknya harus menyertakan nama Kabupaten Klaten. Sehingga bukan hanya mengangkat nilai produknya tapi juga mengangkat nama dan potensi Kabupaten Klaten,” paparnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 68 kali

Comments are closed.