Tips Jika Menemukan Sarang Tawon

Ada fenomena baru dialami warga Klaten. Tidak saja pemerintah, tapi juga masyarakat kini tengah direpotkan aksi tawon galak yang konon mengakibatkan sejumlah warga menjadi korban. Sengatan serangga yang bernama latin vespa affinis ini beberapa kali menyerang dan  menghinggapi rumah-rumah penduduk sehingga menyebabkan sejumlah warga cemas.

Tapi masyarakat jangan kuatir. Inilah enam jurus ampuh menghadapi serangan  tawon galak, minimal mnghindari agar serangga ini tidak ngamuk menyengat.

  1. Jangan sekali-kali mengganggu sarang tawon.

Tawon vespa affinis alias tawon endas termasuk serangga yang ganas apalagi jika kenyamanan atau sarangnya diusik.  Janga mencoba-coba mengusik sarang tawon, apalagi dengan maksud iseng atau main-main

2. Jangan beraktifitas di sekitar sarang tawon

Jangan beraktifitas didekat rumah tawon, terutama anak-anak dikuatirkan mereka akan iseng mengganggu sarang tawon sebagai bagian bermain.

3. Jangan mencoba-coba memusnahkan sendiri tanpa keahlian.

Jangan mengambil resiko mencelakakan diri sendiri. Tanpa keahlian dan sarat keselamatan yang memadahi, mencoba memusnahkan sarang tawon sendirian sangat beresiko mengancam keselatan diri sendiri.

4. Berikan tanda peringatan

Agar masyarakat sekitar juga mengetahui keberadaaan tawon vespa affinis, alangkah baiknya diberikan tanda peringatan.  Maksudnya agar warga sekitar ikut waspada dan hati akan keberadaan serangga ini.

5. Laporkan kepada petugas

Segera laporkan keberadaan sarang tawon vespa affinis kepada petugas pemadam kebakaran di nomor telepon 0272-324113, apalagi jika sarang tawon sudah membesar.

6. Segera berobat

Jika terjadi sengatan, segera berobat ke puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.


telah dibaca: 60 kali

Comments are closed.