TMMD Sengkuyung III Kodim 0723 Klaten Digelar di Kalangan Pedan

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III Kodim 0723 Klaten digelar di Desa Kalangan, Kecamatan Pedan yang pembukaannya dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM atas nama Gubernur Jawa Tengah di Lapangan Kalangan, Pedan, Rabu (2/10).  Pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III ditandai dengan penyerahan alat kerja dan pemukulan kentongan oleh Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM.
Acara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten. Acara yang dimeriahkan tari gambyong dari SMKN 1 Pedan tersebut juga dihadiri Camat Pedan Dra Wahyuni Sri Rahayu, MSi dan jajaran kepala desa se Kecamatan Pedan serta dimeriahkan bazar produk kerajinan dari semua desa yang ada di Pedan.
Gubernur Jawa Tengah dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengatakan, program TMMD merupakan bagian dan cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan kebangsaan saat ini. Karena mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak hanya mengandalkan pemerintah pusat saja, TNI / Polri saja, atau pemerintah daerah saja.
Untuk mengatasi itu semua, kata Sekda Klaten H Jaka Sawaldi, mesti dilakukan secara bersama-sama, mesti keroyokan, dan semua mesti bersinergi serta bekerjasama bersama rakyat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kebangsaan tersebut. Untuk itu sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan terkini dengan solusi.
Sementara itu Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung tahap III Kodim 0723 Klaten, Letnan Satu ARH Warsono mengadakan, dana TMMD Sengkuyung tahap III di Desa Kalangan, Pedan sebesar Rp 612.500.000 yang bersumber dari APBD Provinsi Jateng Rp 265 juta, APBD Kabupaten Klaten Rp 327.500.000 dan swadaya masyarakat Rp 20 juta. Sasaran pokok TMMD Sengkuyung tahap III yakni betonisasi jalan panjang 550 meter, lebar 3,5 meter dan tebal 15 centi meter dan talud panjang 700 meter, tinggi 90 centi meter dan lebar 40 centi meter.
Kemudian sasaran tambahan, kata Letnan Satu ARH Warsono, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 10 unit, jambanisasi keluarga 10 unit dan rehab tempat ibadah satu unit. Kemudian sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat dan waktu pelaksanaan TMMD mulai 2 Oktober sampai 31 Oktober 2019.
Letnan Satu ARH Warsono menambahkan, tenaga kerja setiap hari yang mendukung TMMD sebanyak 117 orang yang berasal dari satu SST Kodim o723 Klaten 40 orang, Polri 5 orang, teknisi 2 orang, aparat desa 5 orang dan masyarakat 65 orang. Pembukaan TMMD sengkuyung tahap III Kodim 0723 Klaten berjalan aman, lancar dan kondusif.

(Bagian Humas Setda Klaten)

telah dibaca: 29 kali

Comments are closed.