TMMD Sengkuyung Tahap I Desa Kahuman Ngawen Resmi Dibuka

KLATEN- Bupati Klaten, Sri Mulyani resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 di Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen.

Pembukaan TMMD pertama yang dilaksanakan ditahun 2023 ini dengan upacara di Lapangan Desa Senden, Ngawen, Rabu (10/05/2023). Dihadiri Forkopimda, Korem 074/Warastratama, Kepala OPD, Pajurit Polres Klaten, Pajurit TNI, Satpol PP, Dishub, Anggota Persit, Pengurus TP PKK Klaten, Pengurus DWP Klaten, Linmas, dan Siswa SMK N 2 Klaten.

Saat ditemui Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi dengan kegiatan TMMD Tahap I di Desa Kahuman. “Saya berharap dengan adanya TMMD ini, pembangunan yang belum terselesaikan oleh Pemerintah Daerah ataupun Desa, segera terwujud. Saya berharap Pemerintah Desa dan masyarakat bisa bergotong royong untuk menyelesaikan program-program yang telah ditargetkan seperti sarana prasarana bisa diselesaikan dengan baik dan sesuai rencana yang telah ditetapkan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Sri Mulyani.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0723 Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo selaku inspektur upacara mengatakan TMMD bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Temui Puput TKW yang Kritis di Dubai, Bupati Klaten Beri Bantuan Rp 10 Juta

“Saya berharap TMMD dengan tema sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat semakin meningkat. Akan menjadi soliditas dan sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat terjalin erat selama program TMMD berlangsung atau setelah TMMD usai,” jelas Bambang.

Komandan Kodim 0723 Klaten tersebut juga berpesan agar Pemerintah Desa, TNI, Polri, Masyarakat senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran program tersebut dengan kerjasama dan gotong royong. “Mari sukseskan bersama TMMD di Desa Kahuman yang akan dimulai pelaksanaannya hari ini Rabu 10 Mei 2023 hingga 08 Juni 2023,” kata Bambang.

Selanjutnya Perwira Pelaksana, Budiyono melaporkan bahwa latar belakang terpilihnya sasaran TMMD Desa Kahuman karena terbatasnya akses jalan antar desa sehingga menghambat akses pertanian dan perekonomian.

Ia menyebut adapun sasaran pokok betonisasi jalan panjang 674 meter, lebar tiga meter, tebal 15 centimeter, pembangunan talud panjang 250 meter, lebar 30 centimeter, dan tinggi satu meter.

Ia menjelaskan juga terdapat sasaran non fisik yakni pelayanan posyandu, penyuluhan stunting, penyuluhan posbindu,pelayanan KB Kesehatan, penyuluhan narkoba dan penghijauan

Baca Juga:  Ratusan Anak Ikuti Ajang Kreativitas Anak Usia Dini 2024

“Pelaksanaan kegiatan ini (TMMD Tahap I) dilaksanakan dari tanggal 10 Mei hingga 8 Juni 2023,” jelasnya.

Ia menambahkan tenaga kerja yang melaksanakan pengerjaan setiap hari yakni TNI 40 orang, Polri sejumlah lima orang, Teknisi dua orang, Aparat Desa sejumlah lima orang, masyarakat sejumlah 40 orang, dan jumlah keseluruhan 86 orang.

Acara pembukaan ditandai dengan penandatanganan prasasti berita acara oleh Bupati Klaten dan Komandan Kodim 0723 Klaten. Kemudian, Bupati Klaten melakukan pemukulan gong didampingi Forkopimda sebagai tanda TMMD Sengkuyung tahap I di Desa Kahuman resmi dibuka.

Terakhir, Bupati Klaten memberikan bantuan berupa tiga Bantuan Perbaikan Rumah Rusak (BPRR), Jambanisasi untuk tiga orang, Eko Prot untuk empat penerima, dan bantuan kepada Marbot sejumlah lima orang. Dengan total keseluruhan bantuan dari BAZNAS sejumlah Rp. 31.500.000 juta rupiah.

(ttr/kominfo-klt)

TMMD ngawen (2)
TMMD ngawen (3)

telah dibaca: 94 kali

Comments are closed.