TP PKK Klaten Masuk Enam Besar Provinsi Jateng

KLATEN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Klaten masuk enam besar tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Tim verifikasi lapangan dan evaluasi sepuluh program pokok TP PKK tingkat provinsi Jawa Tengah langsung mendatangi TP PKK Klaten di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Klaten, Senin (21/11/2022).
Turut dihadiri oleh Asisten 1 Setda Klaten, Ketua TP PKK Kabupaten Klaten, Tim Verifikasi TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Camat Prambanan, dan segenap tamu undangan lainnya.

Bupati Klaten  Sri Mulyani diwakili oleh Asisten 1 Setda Klaten, Jaka Purwanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa bidang-bidang penanganan oleh tim penggerak PKK adalah bidang-bidang yang sangat menyentuh kebutuhan masyarakat.”Untuk itu perlu saya sampaikan bahwa pengelolaan dan pelaksanaan PKK telah menjalankan tugas dan pokoknya secara maksimal,” ungkapnya.

Ia berharap hasil evaluasi yang diraih menjadi jalan bergerak untuk penyempurnaan dan perbaikan kedepannya.
“Diharapkan apapun hasil evaluasi yang diraih bagi kami menjadi jalan bergerak untuk penyempurnaan dan perbaikan kedepannya dan PKK Desa Kemudo Kecamatan Prambanan dapat membawa Kabupaten Klaten ke arah yang baik dan semoga dalam evaluasi sepuluh program PKK tingkat provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini dilakukan pemaparan pelaksanaan 10 program TP PKK di Kabupaten Klaten yang dipaparkan oleh Endang Yoga Hardaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Klaten.
Dilanjutkan pemaparan pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK di Desa Kemudo Kecamatan Prambanan sebagai Desa yang meraih urutan pertama dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Klaten yang dipaparkan oleh Diah Reni Hermawan selaku Ketua TP PKK Desa Kemudo.

Baca Juga:  Peringatan HAU dan HDI: Dissosp3appkb Luncurkan Layanan Online Katca Ketawa

Sementara itu Ketua PKK Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo diwakili oleh Wakil Ketua III Dwi Sunarti Budi Prayitno menyampaikan pandemi COVID19 yang terjadi selama tiga tahun terakhir tidak menyurutkan gerakan PKK di seluruh Indonesia termasuk Jawa Tengah untuk terus bergerak dan beraktivitas untuk membangun masyarakat bahkan di berbagai daerah kegiatan PKK justru semakin menguat.
“Kegiatan PKK justru semakin menguat, terutama dalam kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHDS) dan pencegahan Covid-19 membagikan masker, keikutsertaan PKK dalam jogo tonggo, pelayanan posyandu sesuai prokes, berbagai bakti sosial membantu masyarakat dan keluarga yang terdampak Covid-19 serta kegiatan-kegiatan kreatif lainnya selama COVID19 ini menggambarkan bahwa gerakan PKK tidak sekedar nama tetapi memang menjadi gerakan yang hadir untuk masyarakat,” jelasnya.

Ia mengucapkan selamat kepada Kabupaten Klaten yang telah berhasil masuk dalam enam nominasi kabupaten dengan pelaksana 10 program PKK terbaik di provinsi Jawa Tengah di tahun 2022 bersama dengan Kabupaten Cilacap, Kabupaten Wonosobo, Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Jepara.

Baca Juga:  Tentukan Langkah Strategis Penanganan Kemiskinan, BAPPEDA Gelar Rakor TKPK 

Ia menjelaskan evaluasi sebagai cara untuk memantau kegiatan dan mengevaluasi bagaimana gerakan PKK dapat menyesuaikan diri dengan pandemi COVID19.
“Untuk itulah tim penggerak PKK ingin memantau bagaimana perkembangan gerakan PKK di daerah selama pandemi COVID19 melalui evaluasi 10 program pokok PKK. Evaluasi ini lebih menjadi cara kita untuk memantau dari kegiatan-kegiatan dan mengevaluasi bagaimana gerakan PKK dapat menyesuaikan diri dengan pandemi dan bagaimana 10 program pokok PKK masih dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Terakhir, kegiatan dilanjut dengan kunjungan lapangan tim verifikasi TP PKK Provinsi Jawa Tengah ke Desa Kemudo Kecamatan Prambanan.

(ttr-nin/kominfo-klt)

telah dibaca: 27 kali

Comments are closed.