TP PKK Klaten terapkan strategi yang bertumpu pada pemberdayaan keluarga untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik

Klaten – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten menyelenggarakan Rapat Konsultasi (RaKon) pada Senin (25/02) kemarin bertempat di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten. Acara dibuka secara langsung oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan dihadiri sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Klaten, camat serta jajaran pengurus TP PKK Klaten dan TP PKK Kecamatan se Kabupaten Klaten.
Dalam laporan yang di sampaikan ketua TP PKK Klaten, Hj Sri Harjanti Jaka Sawaldi, rapat konsultasi TP PKK diselenggarakan setiap setahun sekali. Hal tersebut merupakan implementasi dari program kerja sesuai Hasil Rapat Kerja Nasional VIII PKK Tahun 2015. Rakon TP PKK Klaten dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan gerakan PKK selama tahun berjalan dan merencanakan kegiatan satu tahun kedepan. Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan rakon dilaksanakan untuk memantapkan dan menyelaraskan program kerja yang telah ditetapkan. Dengan langkah kebijakan dan strategi yang tepat arah, tepat mutu dan tepat sasaran akan dapat diperoleh daya guna dan hasil guna yang besar dalam mencapai tujuan membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Strategi yang diterapkan TP PKK Klaten masih bertumpu pada pemberdayaan keluarga serta keberpihakan pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik. Diharapkan secara bertahap masyarakat mampu membangun diri, keluarga dan lingkungan secara mandiri berdasarkan potensi, kebutuhan dan kewenangan yang ada.
Lebih lanjut Hj Sri Harjanti menjelaskan, mengacu pada keberhasilan gerakan PKK dalam melaksanakan program-programnya di tahun 2018, maka kegiatan yang di rencanakan dalam tahun 2019 akan lebih ditingkatkan dengan menajamkan program PKK baik kebijakan umum maupun teknis yang menjadi target pembangunan di segala bidang sebagai mitra kerja pemerintah.
Untuk mencapai hal tersebut diperlukan upaya guna meningkatkan kuantitas dan kualitas kader PKK serta memperkuat dukungan pembinaan dan pendampingan teknis dari OPD terkait serta tokoh masyarakat setempat. Dan yang tidak kalah penting adalah dukungan dan kebijakan Bupati Klaten melalui Kepala Dispermades selaku Sekretaris Pembina PKK untuk dapat mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan dengan OPD terkait. Hal ini bertujuan agar program kerja dan kegiatan PKK mendapat dukungan dari awal perencanaan dan terinventarisir dengan baik sehingga pada pelaksanaannya dapat saling bahu membahu untuk mencapai prestasi yang lebih baik.
Sementara itu Bupati Klaten dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya rakon TP PKK Klaten. Beliau berharap dengan diselenggarakannya Rakon TP PKK Klaten, seluruh pengurus dan kader PKK dapat mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan dan merancang kegiatan yang sejalan dengan program Pemkab Klaten untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Klaten. Tak lupa Bupati Klaten mengajak seluruh kader PKK Klaten untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam rangka menyukseskan Pilkades serentak dan Pemilu 2019.

WhatsApp Image 2019-02-25 at 15.02.19
WhatsApp Image 2019-02-25 at 15.02.18

telah dibaca: 213 kali

Comments are closed.