Triwulan I, Zakat UPZ Diskominfo Klaten Terkumpul 7,1 Juta

KLATEN – Gerakan optimalisasi zakat, infak, shodaqoh melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di jajaran Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Klaten berhasil terhimpun Rp 7.191.000,00 pada triwulan pertama 2021. Zakat itu disetor langsung oleh petugas UPZ melalui Bank Klaten sebagai lembaga keuangan yang ditunjuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten.

Amin Mustafa Kepala Diskominfo Klaten menjelaskan kalau di OPD yang dipimpinnya sudah dibentuk UPZ. Kebijakan ini merupakan langkah nyata dari anjuran Bupati Klaten akan optimalisasi zakat, infak, shodaqoh di lingkungan ASN Klaten.

“Saya sudah menandatangani SK Nomor 2019 Tahun 2021 tanggal 22 April 2021 tentang Penunjukan Tim Pelaksana Pengumpulan Zakat, Infak dan Shodaqoh. Momentum bulan Ramadhan kemarin menjadi saat yang tepat untuk mengenjot kesadaran ASN Diskominfo. Alhamdulillah sebanyak 22 pegawai dari total 26 ASN yang ada menyatakan bersedia membayar zakat. Pada triwulan pertama 2021 sudah disetor zakat Rp 7.191.000,00” jelasnya.

Terkait besaran penghitungan zakat Amin Mustofa mengatakan kalau zakat itu dihitung 2,5 % dari gaji bersih yang diterima ASN. Jadi setiap ASN besarannya zakat tidak sama tergantung besaran gaji bersihnya tiap bulan.

Baca Juga:  In Memorium Arif Fuad Hidayat, Dari Jurnalis Bloomberg Kini Jadi Aktifis Sungai

“Kepatuhan zakat di Diskominfo Klaten adalah 100%. Maksudnya semua ASN yang beragama islam menyatakan sanggup membayar zakat. Awalnya petugas UPZ memberikan surat pernyataan bagi setiap ASN terkait kesanggupan dengan pemahaman-pemahaman terkait syariat zakat itu sendiri. Misalnya dikatakan ada dua syariat yang kedudukannya tidak bisa dipisahkan. Seperti perintah ketaatan kepada Allah dan Rosul. Termasuk perintah sholat dan zakat. Dua perintah ini tidak bisa dipisahkan. Para ahli tafsir mengartikan tidak diterima sholat seorang muslim jika ia tidak membayar zakat. Juga sebaliknya tidak diterima zakat seseorang jika ia tidak sholat. Melalui pemahaman dasar ini alhamdulillah semua ASN muslim Diskominfo Klaten sadar bayar zakat” tambah Amin Mustofa.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 28 kali

Comments are closed.