Tujuan Pendidikan Nasional Membentuk Manusia Demokratis

Klaten – Terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional Bangsa Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 13 menyebutkan Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklaq mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Demikian sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI yang dibacakan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam gelar upacara bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Kamis (02/05/2019). Bertindak sebagai Komandan Upacara Drs. Umbar Kusnadi dari SMAN 1 Klaten dan Perwira Upacara Drs. Lasa MM dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Upacara bendera berjalan dengan khidmat di Alun – Alun Kabupaten Klaten. Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema  “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”.

Dalam sambutannya dikatakan masyarakat harus bersyukur karena Bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada Rabu, 17 April 2019. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, Pemilu menjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Karena proses belajar pada hakekatnya merupakan momentum terjadinya perubahan perilaku menuju kedewasaan dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi.

Menurut Muhadjir Effendy seperti dikutip Sri Mulyani, adalah hal yang lumrah dalam setiap kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momentum seperti ini tanggung jawab nasional setiap warga negara dipertaruhkan yakni tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya yaitu semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan.

Upacara peringatan Hardiknas kali ini diisi dengan penyerahan sejumlah tropi kepada para guru dan kepala sekolah berprestasi diantaranya juara lomba guru dan kepala sekolah berprestasi jengang TK, SD dan SMP tahun 2019, Lomba Kepala TK berprestasi, Lomba guru SD berprestasi , Lomba Kepala SD berprestasi, Lomba guru SMP berprestasi, dan Lomba Kepala SMP berprestasi. Penyerahan hadiah ini sebagai wujud apresiasi bagi para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah mendarma baktikan dirinya guna memajukan Pendidikan di Kabupaten Klaten

WhatsApp Image 2019-05-02 at 09.13.59
WhatsApp Image 2019-05-02 at 09.04.39
WhatsApp Image 2019-05-02 at 09.04.28
WhatsApp Image 2019-05-02 at 09.04.27
WhatsApp Image 2019-05-02 at 09.04.25

telah dibaca: 23 kali

Comments are closed.