Tutup Rangkaian Hari Kartini : Lomba Masak dan Lukis Payung Digelar di Pasar Gedhe Klaten

KLATEN- Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten menutup rangkaian Hari Kartini ke-145 dengan menggelar lomba memasak kudapan dengan berkebaya dan lomba lukis payung.

Turut hadir Bupati Klaten, Sekda Klaten, Asisten, Kepala OPD, Kepala UP DWP Badan, Dinas, dan Kecamatan, Camat, Anggota DWP, serta siswa TK Pertiwi dari 26 Kecamatan di Pasar Gedhe Klaten, Sabtu (04/05/2024).

Selanjutnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani didampingi Ketua DWP Klaten secara langsung mengunjungi para peserta baik lomba masak kudapan maupun lomba melukis.

“Alhamdulillah lomba lukis payung dan masak kudapan dengan berkebaya berjalan sukses dan lancar. Berkat kerjasama dan tentunya spesial dihari ini 4 Mei bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke 47. Terimakasih doa dan perhatiannya,” kata Sri Mulyani dalam acara tersebut.

Bupati Klaten, Sri Mulyani juga menjelaskan lomba melukis payung Ini dapat mengasah anak-anak untuk berani tampil dan mengeluarkan ekspresi dari karyanya. “Dari keseluruhan yang saya lihat kombinasi warnanya dan karya dari jari-jari lentiknya sangat bagus,” terangnya.

Baca Juga:  BKKBN Jateng Apresiasi Program Akselerasi KB dan Penurunan Stunting Di Klaten

Ia juga menyampaikan kegiatan lomba masak ibu-ibu Dharma Wanita Kabupaten Klaten mengenakan kebaya ini luar biasa.

“Bagi saya yang ikut lomba memasak semua pemenang dihati saya dan yang spesial adalah kebersamaan kita. Kemudian kepada adek-adek yang mendapatkan juara semakin tambah semangat, jadi kebanggan keluarga dan Kabupaten Klaten. Terus diasah kreativitasnya, jadi pelukis yang handal bagi Kabupaten Klaten. Dan bagi yang belum juara jangan berkecil hati dan terus semangat,” jelas Sri Mulyani.

Sementara Ketua DWP Klaten, Efi Jajan Prihono menyampaikan lomba ini bertujuan untuk memperingati Hari Kartini ke-145. “Dapat mengangkat peran serta perempuan lebih mandiri, meningkatkan kreativitas dan membantu kesejahteraan keluarga, mewujudkan sikap peduli dan membantu sesama serta bukti kecintaan kita terhadap produk lokal yakni produk Kabupaten Klaten. Sekaligus menciptakan kebersamaan anggota DWP se Kabupaten Klaten,” Jelas Efi.

Efi juga memaparkan rangkaian kegiatan sudah dilakukan yakni bakti sosial dan donor darah. “ Kemudian hari ini merupakan puncak peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan DWP Kabupaten Klaten yakni lomba memasak kudapan dengan berkebaya dan lomba lukis payung untuk anak-anak TK Pertiwi. Adapun pesertanya lomba memasak kudapan yakni Ketua UP DWP dan untuk lukis payung sejumlah 26 anak dari TK Pertiwi di 26 Kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga:  Sambang Warga di Klaten Utara : Sri Mulyani Resmikan Grha Budaya Raden Patah Ketandan

Acara semakin meriah dengan dimulainya perlombaan memasak yang hanya diberikan waktu 1,5 jam dari mulai belanja hingga makanan siap tersaji.

Lomba memasak kudapan dari 16 Tim diambil 6 Tim yang mendapatkan juara yakni Juara I Tim 2 : Masakan Gethuk, Juara II Tim 13 : Onigiri Gethuk, Juara III
Tim 1: Combro, Juara Harapan I Tim 16 : Dadar gulung pisang, Juara Harapan II
Tim 9 : sosis, dan Juara Harapan III
Tim 3: gethuk.

Terakhir, pemenang lomba lukis payung yakni Juara I Kava, TK pertiwi Kunden 1 Karanganom, Juara II Ringkas, TK pertiwi mlese Ceper, Juara III Alfira, TK pertiwi Tanjung Juwiring, Juara Harapan I Evano, TK Pertiwi Cawas 4, Juara Harapan II
Febri, TK pertiwi Ngrundul 1 Kebonarum, dan Juara Harapan III Bangkit, TK pertiwi Dukuh Delanggu.

(ttr-kominfo/klt)

telah dibaca: 28 kali

Comments are closed.