Uji Kompetensi Calon Pimpinan Baznas Klaten Digelar

KLATEN – Sebanyak 17 calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten mengikuti uji kompetensi, Senin (18/10/2021). Uji kompetensi tersebut merupakan tahap lanjutan seleksi calon pimpinan Baznas Klaten.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Klaten, Mujab mengatakan sebelumnya Pemkab Klaten membuka seleksi calon pimpinan Baznas Klaten secara terbuka. Pada tahap awal, sebanyak 18 peserta yang mendaftar dan 17 peserta di antaranya dinyatakan lolos adminitrasi.

“Selanjutnya, peserta yang lolos mengirimkan makalah yang bertemakan pengelolaan zakat dan seputar Baznas. Uji kompetensi ini sekaligus untuk mengujikan makalah dari masing-masing peserta,” ungkapnya saat memantau proses uji kompetensi yang digelar di lingkungan kantor Setda Klaten.

Selain makalah, dalam uji kompetensi yang berlangsung dengan metode wawancara ini, peserta diberikan pertanyaan sejumlah materi oleh tim penguji. Di antaranya fiqih Islam tentang zakat, kepimpinan, dan wawasan kebangsaan. Adapun tim penguji terdiri atas perwakilan organisasi Islam di Kabupaten Klaten.

“Melalui uji kompetensi ini, bertujuan untuk mencari calon pimpinan Baznas yang memiliki kemampuan leadership dan memahami pengelolaan zakat dengan baik. Sehingga mampu membawa Baznas bersinergi dengan Pemkab Klaten, khususnya dalam penanggulangan kemiskinan melalui zakat,” paparnya.

Baca Juga:  Klaten Bangga, Atlet Paralympic Klaten Sumbang 5 Emas, 7 Perak dan 7 Perunggu

Dari hasil uji kompetensi tersebut, akan diajukan kepada Baznas Pusat untuk memberikan rekomendasi 10 peserta terbaik kepada Bupati Klaten. Oleh Bupati Klaten, akan dipilih lima peserta terbaik untuk menjadi pimpinan Baznas Klaten masa bakti 2021-2026.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 98 kali

Comments are closed.