Umbul Brondong Siap Susul Kesuksesan Umbul Ponggok

Klaten – Kesuksesan Umbul Ponggok sebagai objek wisata andalan Kabupaten Klaten, mendorong bermunculannya objek wisata serupa. Salah satunya Umbul Brondong di Desa Ngrundul, Kecamatan Kebunarum, yang diresmikan Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (2/4/2019).

Camat Kebunarum Sutopo menyampaikan, potensi sumberdaya alam di Kecamatan Kebonarum melimpah. Dia menunjuk contoh Desa Menden dan Karangduren mempunyai potensi budidaya pertanian. Sementara, Desa Malangjiwan dan Ngrundul memiliki kekayaan sumberdaya alam berupa mata air. Pihaknya bersama warga pun terus berupaya mengoptimalkan potensi itu. Salah satunya, Desa Ngrundul yang mengembangan wisata outbound dan Umbul Brondong.

“Semoga Umbul Brondong dapat memenuhi target menjadi destinasi wisata tingkat nasional,” harap Sutopo, pada kegiatan Sambang Warga dan Peresmian Umbul Brondong.

Bupati Klaten Sri Mulyani optimistis Umbul Brondong memiliki potensi menjadi destinasi wisata nasional. Namun, kuncinya pada pengelolaan potensi tersebut. Karenanya, bupati berupaya membantu pengembangan objek wisata alam itu.

“Saya mau lihat masterplan-nya seperti apa, kemudian saya lihat kekurangannya di mana, dan apa yang perlu ditambahkan. Sehingga nanti bantuan yang kita berikan bisa tepat sasaran,” tuturnya.

Agar semakin dikenal, Sri Mulyani mendorong pemuda desa maupun warga Klaten untuk memviralkan tempat wisata Umbul Brondong ke media sosial. Hal itu juga dilakukan dalam mengenalkan Umbul Ponggok, di mana anak muda, kepala desa dan masyarakat bergotong royong memviralkan objek wisata yang ada, sehingga menjadi destinasi wisata andalan, bahkan sebagai lokasi studi banding untuk desa lain yang ada di Indonesia.

“Harapan saya, ini nanti Umbul Brondong juga tidak kalah hebatnya dengan Umbul Ponggok. Dan satu lagi tempat wisata yang terpenting itu akses harus baik, dan penataan lapak jualan juga harus diperhatikan dan tertata rapi,” tandasnya.

telah dibaca: 114 kali

Comments are closed.