UNS Surakarta Dampingi UKM Klaten Promosi Digital Marketing

KLATEN – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Program Matching Fund 2021 mendampingi para usaha kecil menengah (UKM) salah satunya melalui digital marketing. Upaya dimaksudkan agar produk UKM Klaten bisa merambah pangsa luar negeri.
Hal itu disampaikan Prof Rahmawati saat berkunjung dan diterima Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Klaten Amin Mustofa (Rabu,31/03/21).

“Para UKM Klaten banyak yang ekspor tapi melalui broker. Kami dari UNS Surakarta melalui Fakultas ekonomi dan bisnis membantu pendampingan. Tidak mendesain produk, mengunggah di website, tapi para pelaku UKM harus tahu juga masalah administrasi untuk menjual produk ke luar negeri” terang Prof Rahma.

Didampingi tiga dosen peneliti nya, Rahmawati menjelaskan ada tiga UKM saat ini yang didampingi. Ketiganya meliputi pengerajin mainan bambu di Ceper, Kampung Kaos di Wedi dan pengerajin batik di Bayat.

“Masa pandemi ini kebangkitan ekonomi didorong dari para pelaku UKM. Melalui program Matching Fund ini akan fokus mengembangkan usaha para UKM melalui pemasaran digital,inovasi desain dan teknologi tepat guna dengan lokus di Klaten” tambah nya.

Baca Juga:  Inilah Waktu Yang tepat Untuk Tidur di Saat Puasa

Amin Mustofa menjelaskan membantu para UKM dengan membuatkan akun email resmi. Hal ini menjadi prasarat untuk bisa bermain di perdagangan internasional.
“Pemerintah saat ini mensyaratkan single sign on atau SSO dalam surat elektronik. Selain mendorong SSO di kalangan ASN, Dinas Kominfo Klaten bisa membantu akun email resmi berbasis SSO di klatekab. go.id bagi UKM Klaten yang membutuhkan” ungkap Amin Mustofa.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 50 kali

Comments are closed.