Update Covid-19 Klaten Hari Ini, Jumlah Kasus Positif 181 dan Sembuh 137 Orang

KLATEN- Gugus Tugas Percepatan Penanganan (PP) Covid-19 Kabupaten Klaten merilis perkembangan data kasus Covid-19 di Klaten pada Jumat (14/8). Pada hari ini jumlah kumulatif pasien positif mencapai 181 orang. Rinciannya 137 dinyatakan sembuh, 37 orang masih dirawat, dan 7 orang meninggal dunia.

Perkembangan data tersebut tak terlepas dari adanya 12 kasus baru warga Klaten yang terpapar Covid-19 pada hari ini. Selain itu, sebanyak 3 orang pasien pada hari ini telah berhasil sembuh.

“Hari ini terdapat tiga pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, namun juga ada penambahan dua belas orang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien sembuh berasal dari Klaten Selatan, Prambanan, dan Bayat. Sedangkan pasien terkonfirmasi positif baru berasal dari Klaten Utara, Polanharjo, Jogonalan, Jatinom dan Wedi” Ungkap Juru Bicara Gugus Tugas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo

Sebanyak 12 kasus baru pada hari ini berasal dari lima kecamatan yang berbeda. Adapun informasi untuk penambahan pasien positif covid-19 baru berasal dari Klaten Utara berinisial NSKP(10) dan MP (30). Diketahui NSKP merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya. Kini keduanya tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga:  Dandim bersama Camat Cawas Cor Jalan Pertanian Nanggulan

Sejumlah enam pasien dari Kecamatan Polanharjo antara lain berinisial KA (8), FAA (11) dan kembarannya FAA (11), S (53), HAA (57) dan B (66). Enam pasien tersebut merupakan kontak erat kasus sebelumnya. Diketahui saat ini Pasien HAA dan B dirawat di rumah sakit, sedangkan empat lainnya menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan tim medis.

Dua pasien selanjutnya berasal dari Jogonalan berinisial AA (32) dan NY (30) yang diduga terpapar saat berkunjung ke Polanharjo. Pasien tersebut kini tengah diisolasi di Rumah Isolasi Sehat Covid-19 Edotel Klaten.

Kemudian dari Jatinom berinisial K (57) yang merupakan kontak erat kasus sebelumnya, dan dari Wedi berinisial W (31) yang diduga terpapar saat bekerja di luar kota. Kini K dirawat di rumah sakit dan W menjalani isolasi di Rumah Isolasi Sehat Covid-19 Edotel Klaten.

“Dengan adanya kasus penambahan tersebut, masyarakat diharapkan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat” jelas Cahyono.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Opini WTP 4 Tahun Berturut-turut

Berkaitan dengan pasien sembuh, Cahyono menjelaskan bahwa ketiga pasien sembuh tersebut berasal dari tiga kecamatan. Pasien sembuh berasal dari Klaten Selatan berinisial HS (23), dari Prambanan berinisial TH (22) dan dari Bayat berinisial TW (31). HS dan TH sebelumnya dirawat di rumah sakit, sedangkan TW sebelumnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

“Dari hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari ketiga pasien tersebut menunjukkan negatif, maka pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Meskipun sudah diperbolehkan pulang, pasien diminta untuk tetap melakukan isolasi mandiri minimal 7 hari” Imbuhnya

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 510 kali

Comments are closed.