Wabup Ajak ASN Beli Beras Petani Klaten

Klaten – Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Klaten untuk membeli beras dari petani lokal. Gerakan ini digulirkan untuk meningkatkan harga jual gabah di tingkat petani.

“Secara umum untuk semua masyarakat untuk beli beras hasil panen petani lokal, khususnya ASN Kabupaten Klaten. Jika semua membeli beras lokal, maka petani di Klaten bisa lebih sejahtera,” ungkapnya usai meninjau Gudang Bulog di Desa Banaran, Delanggu, Senin (29/3/2021).

Menurutnya jika beras lokal banyak dibeli masyarakat, maka serapan gabah di tingkat petani pun akan meningkat. Ia menilai hal tersebut akan mempengaruhi harga gabah kering panen dan gabah kering giling di tingkat petani.

“Saya mendapat laporan kalau harga gabah petani rendah. Untuk kering panen sekitar Rp 4.000, sedangkan kering giling tidak sampai Rp 6.000. Harapan kami bisa mencapai HPP, sekitar Rp 7.000- 8.000. Caranya ya masyarakat Klaten ikut beli beras lokal, di pasar maupun langsung ke penggilingan,” paparnya.

Baca Juga:  Tiga Amalan Langit Sebagai Pelindung Balak di Bumi

Yoga menambahkan potensi panen padi di Klaten sangat besar, di tahun 2020 bahkan surplus beras mencapai 141 ribu ton. “Diharapkan kalau konsumsi beras lokal meningkat, petani juga semakin semangat dan sejahterah,” katanya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 22 kali

Comments are closed.