Wabup Minta FKUB Jadi Garda Depan Pencegahan Covid-19

Klaten – Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten untuk andil dalam pencegahan penyebaran Covid-19. FKUB dinilai memiliki peran sentral dalam memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya patuh terhadap protokol kesehatan di masa pandemi.

“Hasil evaluasi penyebaran Covid-19 menunjukkan angkanya di Klaten masih tinggi, sehingga dibutuhkan kedisiplinan bersama. FKUB yang di dalamnya banyak tokoh agama dan masyarakat, punya peran strategis untuk mengajak masyarakat meningkatkan kepeduliannya terhadap kondisi wilayah saat ini,” papar Yoga saat bersilaturahmi dan buka bersama dengan pengurus FKUB Klaten, Kamis (22/4/2021) sore.

Menurutnya ada kecenderungan masyarakat lebih mendengarkan pendapat tokoh agama atau tokoh masyarakat yang di antaranya merupakan pengurus FKUB Klaten. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberikan edukasi terkait Covid-19.

“Contoh seperti ada masyarakat yang menggelar hajatan. Dari tim satgas Covid-19 sudah memberikan sosialisasi namun kurang dihiraukan. Berbeda dengan tokoh agama atau tokoh masyarakat, biasanya banyak didengar. Karena itu kami berharap para tokoh di FKUB Klaten untuk ikut andil,” katanya.

Baca Juga:  Waspadai Klaster Pusat Perbelanjaan

Dalam kesempatan yang sama, Ketua FKUB Klaten, Syamsudin Asrofi mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan terbaik kepada Pemkab Klaten dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Pihaknya juga meminta semua tokoh agama untuk rutin mengingatkan masyarakat bahwa pandemi belum berakhir sehingga dibutuhkan kesadaran bersama.

“Edukasi dapat disampaikan melalui ceramah keagamaan maupun forum keagamaan. Bila disampaikan secara terus menerus diharapkan semakin menggugah kesadaran masyarkat,” katanya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 20 kali

Comments are closed.