Wajib Dikunjungi! Enam Warisan Budaya Dunia Dipamerkan di Museum Dolan Klaten

KLATEN- Pameran keliling Museum Jawa Tengah Ranggawarsita yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Klaten “Museum Dolan Klaten” wajib dikunjungi karena terdapat enam warisan budaya dunia yang dipamerkan.
Kepala Museum Ranggawarsita, Djoko Nugroho Witjaksono menyampaikan Museum Keliling ini dilaksanakan untuk mengenalkan dan mendekatkan koleksi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita terutama koleksi enam warisan budaya dunia yang dimiliki Jawa Tengah kepada masyarakat Klaten dan sekitarnya.
“Hanya Provinsi Jawa Tengah yang memiliki enam warisan budaya dunia yang diakui UNESCO, yang pertama yaitu Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan yang dimiliki bersama dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Batik, Keris, dan Wayang,” jelasnya.
Ia memapaparkan bahwa enam warisan budaya dunia tersebut representasinya ada di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita dan dihadirkan untuk masyarakat Klaten agar bisa lebih bangga menjadi orang Jawa Tengah.
Terlihat keenam warisan budaya dunia tersebut lengkap mulai dari sejarah, dan koleksi yang ada saat pameran yang berlangsung mulai 04 Agustus hingga 08 Agustus 2022. Selain enam warisan budaya dunia dimiliki Jawa Tengah terdapat pameran Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, dan UMKM Klaten.
Sementara, Siswa TK Buah Hati Kita Nafisha (5) saat ditemui di Pameran Museum Dolan Klaten mengaku senang bisa bersama teman-temannya melihat pameran.
“Senang tadi lihat tari-tarian (saat pembukaan museum) dan lihat batu (Arca Candi) ,” ujar Nafisha.
(ttr/kominfo-klt)

Baca Juga:  PS ASN Juarai Turnamen Sepak Bola Hari Jadi 218 Klaten

telah dibaca: 101 kali

Comments are closed.