Wankes Kecamatan Dilantik, Wabup : Jaring Potensi Seni di Desa

KLATEN – Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten melantik pengurus Wankes tingkat kecamatan se-Kabupaten Klaten, Selasa (10/5/2022) malam. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan Pentas Religi Halal Bi Halal Dewan Kesenian Klaten di Pendapa Ageng Kabupatan Klaten.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi atas dilantiknya Wankes tingkat kecamatan tersebut. Ia mengatakan dikukuhkannya pengurus hingga tingkat kecamatan tersebut merupakan langkah melestarikan seni budaya.

“Dengan pelantikan Dewan Kesenian kecamatan ini, kami mendorong Dewan Kesenian Kabupaten Klaten untuk berperan aktif dalam menggali potensi kesenian hingga tingkat desa. Sehingga ke depan, lahir seniman-seniwati muda yang turut melestarikan seni budaya asli Klaten,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya banyak talenta seni yang berpotensi namun belum dikenal publik. Yoga mengatakan hal ini merupakan tugas Dewan Kesenian untuk menjaring talenta tersebut hingga ke pelosok desa.
“Sehingga ke depan, kegiatan seni di tingkat desa menjadi lebih semarak dan masing-masing desa di Klaten memiliki unggulan di bidang seni,” papar Wabup.

Baca Juga:  PS ASN Juarai Turnamen Sepak Bola Hari Jadi 218 Klaten

Sementara, Ketua Umum Dewan Kesenian Klaten, Sunarna mengatakan Klaten memiliki potensi yang besar di bidang seni. Bahkan banyak kesenian asli Klaten yang sudah banyak dikenal hingga tingkat internasional.

“Dikukuhkannya Dewan Kesenian tingkat kecamatan ini diharapkan semakin menegaskan Klaten sebagai kota seni budaya. Langkah ini juga merupakan bentuk nguri-uri budaya,” katanya.

Melalui pengukuhan ini, ia berharap terjalin sinergitas Dewan Kesenian dengan jajaran pemerintahan hingga di level desa khususnya dalam mengembangkan dan melestarikan kesenian asli Klaten.

“Pengukuhan Wankes kecamatan sudah dilakukan, mari bersama-sama melestarikan seni budaya. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mau melestarikan. Mohon masukannya, karena Dewan Kesenian tidak dapat berjalan sendiri. Butuh dukungan dari semua pihak terutama peran aktif pemerintah,” ungkapnya.

(ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 49 kali

Comments are closed.