Warga Klaten Diminta Meningkatkan Budaya Bersih

Relawan membersihkan sampah

Relawan membersihkan sampah

Klaten – Dalam rangka memperingati bulan peduli sampah dan hari peduli sampah nasional yang jatuh pada Minggu(21/2/16), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar aksi bersih-bersih dan pungut sampah di kawasan Car Free Day (CFD) dan Pasar Induk Klaten. Kegiatan ini diikuti dari berbagai instansi, organisasi sosial dan ormas.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa memicu warga untuk meningkatkan budaya bersih. Dengan demikian, masyarakat memiliki peran serta dalam mengurangi beban sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pasalnya, sampah tidak mudah terurai dan membutukan waktu yang cukup lama sekalipun sudah dikubur dengan tanah,” kata Sekda Klaten, Jaka Sawaldi.

Berdasarkan data yang dimiliki DPU ESDM Klaten, imbuh Jaka, jumlah timbulan sampah setiap harinya 3.284,79 meter kubik. Dari jumlah tersebut, hanya bisa terangkut 481,49 meter kubik karena keterbatasan armada. Akibat dari hal itu bisa menimbulkan permasalahan dalam pengolahan sampah.

“Maka dari itu, kami sangat mengharapkan peran serta masyarakat. Selain mencegah berkembangnya nyamuk aides aigypti, dengan budaya bersih diharapkan bisa meningkatkan kualitas lingkungan dan mengolah sampah cerdas untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai pupuk,” tambah Jaka Sawaldi.

Di sisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Klaten, Bambang Subiyantoro mengatakan, untuk mengurangi keberadaan sampah plastik, pihaknya terus mengoptimalkan keberadaan bank sampah dan sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata di antaranya SMAN 1 Klaten, SMAN 2 Klaten, SMKN 4 Klaten, serta SMPN 1 Klaten. “Dari bank sampah serta sekolah adiwiyata itu terus melakukan sosialisasi serta pengertian ke masyarakat. Seperti kegiatan pagi ini selain untuk aksi bersih-bersih juga dilakukan pemberian pengertian ke pedagang pasar agar mengelola sampah dengan benar,” katanya.

Aksi bersih sampah ini dimulai pada pukul 07.30 wib. Setelah melalui prosesi upacara apel bersama, massa dari SKPD, berbagai instansi pemerintah dan swasta, organisasi sosial dan ormas langsung melakukan penyisiran sampah dari Jl Pemuda tempat CFD digelar hingga Pasar Klaten.

telah dibaca: 167 kali

Comments are closed.