Warga Klaten Harus Waspada, Angka Kesakitan Covid Kembali Menembus 400

KLATEN – Pasca perayaan Idul Fitri 2021 kasus penularan covid 19 di Kabupaten Klaten menunjukan gejala peningkatan. Fakta itu dilihat dari angka kesakitan atau korban yang tertular covid baik yang dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri terhitung Ahad (30/05/21) telah menembus 407 jiwa.

Ditengarai kasus itu meningkat sebab aktifitas masyarakat seperti perayaan dan hajatan yang memicu terjadinya kerumunan. Hal itu ditambah kesadaran masyarkat yang teledor terkait kepatuhan protokol kesehatan.

Informasi yang diterima Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten dari Koordinator Penanganan Kesehatan, Cahyono Widodo menyampaikan data terakhir covid 19 di Kabupaten Klaten terhitung Ahad (30/05/21) terdapat 7 pasien yang dinyatakan sembuh, penambahan 9 pasien terkonfirmasi covid-19 dan 2 pasien meninggal dunia. Dengan demikian jumlah kumulatif covid-19 menjadi 8.803 kasus, dari jumlah tersebut 407 menjalani perawatan atau isolasi mandiri, 7.818 sembuh dan 578 meninggal dunia.

“Hari ini kasus aktif terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Klaten bertambah 9 kasus, juga ada 7 pasien dinyatakan sembuh dan 2 pasien meninggal dunia. Dari 2 pasien tersebut, 1 diantaranya termasuk terkonfirmasi baru serta lainnya telah menjalani perawatan.” tutur Cahyono sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Klaten itu.

Baca Juga:  Zona Merah : Sri Mulyani Ajak TP PKK Tuntaskan Covid-19 di Klaten

Kasus terbanyak terkonfirmasi positif tertular Covid-19 itu berasal dari Kebonarum berjumlah 6 orang, selanjutnya dari Gantiwarno, Kemalang dan Prambanan masing-masing terpapar 1 orang.
Dari penambahan tersebut, 8 kasus diantaranya terpapar pada saat beraktivitas sehari-hari di Klaten, sedangkan lainnya merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi covid-19 sebelumnya. Dari hal itu Cahyono mengharap masyarakat tidak kendur untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan adanya penambahan terkonfirmasi covid-19 tersebut, Satgas PP Covid-19 kembali menekankan kepada masyarakat untuk lebih disiplin menaati protokol kesehatan. Masyarakat harus kembali mematuhi protokol kesehatan 5M. Perilaku memakai masker dengan baik, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta mencuci tangan dengan sabun di air mengalir harus menjadi kebiasaan baru saat ini” imbuhnya.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 127 kali

Comments are closed.