Waspadai Varian Omicron, Vaksinasi Anak Di Klaten Digenjot

KLATEN – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Klaten mulai menyasar anak-anak. Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi Covid-19 di kalangan anak-anak.

Sebagai langkah percepatan vaksinasi bagi anak-anak, jajaran Polres Klaten menggelar vaksinasi massal Covid-19 dengan sasaran anak-anak usia 6 hingga 11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi tersebut digelar di halaman Mapolres Klaten, Rabu (29/12/2021).

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo mengatakan kegiatan vaksinasi massal untuk anak-anak tersebut menyasar anak-anak penyandang disabilitas, yatim piatu, dan sebagian anak-anak dari anggota Polres Klaten. Dalam pelaksanaannya, pemberian dosis vaksin dilakukan oleh tenaga kesehatan gabungan dari unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Polres Klaten, dan Kodim 0723 Klaten.

“Semoga dengan adanya program vaksinasi tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan vaksin sehingga kekebalan imunitas kelompok meningkat,” ungkapnya.

Kegiatan vaksinasi massal tersebut dikemas secara interaktif dengan pertunjukan sulap dan undian berhadiah. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa takut anak-anak saat disuntik.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan target vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak di Klaten mencapai 105 ribu anak. Namun saat ini baru sekitar 1.000 anak yang tervaksin.

Baca Juga:  Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Klaten Maksimalkan Persiapan

“Saya berharap vaksinasi massal yang digelar Polres Klaten dapat meningkatkan jumlah anak-anak Klaten yang tervaksin. Seperti diketahui saat ini sedang masa libur sekolah, sehingga pemberian vaksin bagi anak-anak sedikit tersendat. Semoga saat sudah masuk sekolah, jumlah anak tervaksin dapat digenjot,” paparnya.

Menurutnya capaian vaksinasi bukan sesuatu yang perlu diperlombakan. Namun esensi vaksinasi adalah untuk memberikan jaminan keamanan kesehatan masyarakat di tengah penyebaran virus Covid-19. Terlebih, kata Bupati, saat ini dilaporkan varian omicron sudah masuk ke Indonesia, sehingga diharapkan dengan vaksinasi bagi anak-anak tersebut, masyarakat merasa lebih tenang terutama saat anak-anak mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka.

“Vaksinasi bagi anak-anak di Kabupaten Klaten akan terus dilakukan secara bertahap sesuai dengan dosis yang tersedia. Adanya kegiatan vaksinasi massal seperti yang digelar oleh Polres Klaten ini tentu dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 79 kali

Comments are closed.