Wujud Simpati, Pemkab Klaten Berikan Akte Kematian Sebelum Upacara Pemakaman Berakhir

KLATEN – Kini warga bisa menikmati layanan baru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Klaten. Sebagai bentuk simpati bagi warga yang anggota keluarganya meninggal, petugas Dinas Dukcapil bakal menyerahkan akte kematian sebelum upacara pemakaman berakhir.
Tidak hanya dokumen akte kematian. Keluarga duka juga akan diberikan dokumen perubahan status baik dalam kartu keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP), sehingga tidak harus repot mengurus ke kantor.
“Saat ini program ini sudah jalan di tiga desa, yakni Jongkare dan Soropaten Kecamatan Karanganom serta Kemudo Kecamatan Prambanan. Jadi nanti ketika Kepala Desa memberikan ucapan ikut berduka, di penutupan sambutannya bisa langsung diberikan dokumen akte kematian, KK dan KTP melalui keluarga duka. Diharapkan program akte kematian langsung ini bisa sedikit meringankan beban keluarga duka” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Dukcapil Klaten Sri Winoto saat wawancara di Ruang Kerjanya, kompleks Setda Klaten (Senin, 16/12/19).
Menurut Sri Winoto sekaligus Asisten Administrasi Umum Setda Klaten ini menambahkan program akte kematian langsung ini sangat mudah karena sistim sudah Online. Operator desa cukup mengisi formulir laporan dengan saksi kadus setempat melalui aplikasi. Setelah diverifikasi, sejak laporan masuk, hanya butuh waktu 20 menit maka akte kematian bisa dicetak berikut perubahan data KK dan KTP. Perangkat desa tinggal mengambil dokumen tersebut dan diserahkan kades saat sambutan di upacara pemakaman. Akte kematian ini bisa untuk mengurus warisan, pensiunan atau syarat jika salah satu pasangan suami istri yang ditinggal ingin menikah lagi.
“Prinsipnya negara harus hadir di saat warga membutuhkan. Prosedur birokrasi sekarang harus dipangkas dan layanan perlu didekatkan sehingga masyarakat tidak repot. Dengan N-Max baru, maka layanan desa harus lebih cepat” pesan Sri Winoto.

 

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 87 kali

Comments are closed.